Tuesday, December 28, 2010

Makalah Hukum Pidana Khusus tentang Pengawasan Anggaran

Anggaran Publik adalah salah satu masalah yang ditangani pemerintah, menyangkut banyak hal, mulaidari Anggran Pendidikan, Anggaran Pelayanan kesehatan, hingga kepajak yang menyangkut kehidupan masyarakat secara signifikan.
Di balik penyusunan suatu Anggaran hingga pelaksanaanya dapat memengaruhi pengesahan Anggaran tidaklah cukup untuk mencapai tujuan advokasi organisasi, yang lebih penting adalah bagaimana realisasi pelasanaan anggaran untuk mencapai program yang telah direncanakan. Salah satu dari tujuan pembuatan tulisan atau makalah ini adalah membantu masyarakat untuk menjawab pertanyaan tersebut, dengan cara menelusuri emplementasi anggaran, kemudian ikut terlibat dalam proses anggaran secara terus-menerus, sehingga masayarakat sipil dapat membangun kerjasama dengan pemerintah.
Meski pemerintah jujur menjalankan anggran seperti yang tersusun dalam rencana anggaran yang telah ditetapkan, masalah-masalah penting tetap saja muncul terkait dengan pengeluaran tertentu, oleh karena itu, dengan mengawasi pelaksanaan anggaran secara terus-menerus, kita sebagai masyarakat dapat menunjuk titik-titik di mana keputusan “ dari atas “ tersebut terjadi dan memberikan advokasi yang tepat untuk masalah itu. Lebih singkatnya, jika keterlibatan masyarakat berhenti pada proses penyusunan dan pengesahan anggaran, maka banyak kesempatan untuk mencapai tujuan advokasi yang terlewat.
Untuk lebih lanjut download

No comments: